• 10 Nov 2011 /  Tugas No Comments

    Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang sekumpulan data mengenai sesuatu hal, baik mengenai sampel ataupun populasi, selain daripada data itu disajikan dalam tabel dan diagram, masih diperlukan ukuran-ukuran yang merupakan wakil kumpulan data tersebut. Ukuran tersebut adalah ukuran tendensi sentral dan ukuran letak. Ukuran tendensi sentral meliputi rata-rata atau rata-rata hitung, rata-rata ukur, dan modus. Sedangkan ukuran letak meliputi median, kuartil, desil dan persentil.
    Ukuran yang dihitung dari kumpulan data dalam sampel dinamakan statistik. Apabila ukuran itu dihitung dari kumpulan data dalam populasi atau dipakai untuk menyatakan populasi, maka namanya parameter. Jadi ukuran yang sama dapat bernama statistik atau parameter tergantung pada apakah ukuran dimaksud untuk sampel atau populasi.
    (Sumber: http://letstudy.site40.net/index.php/kumpulan-artikel/2-ariteklartikel/2-ukuran-tendensi-sentral)
    Tujuan dalam pengukuruan central tendency adalah untuk menerangkan secara akurat tentang skor atau penilaian suatu obyek yang sedang diteliti, baik secara ndividual maupun kelompok, melalui pengukuran tunggal. Central tendency adalah ukuran statistik yang menyatakan bahwa satu skor yang dapat mewakili keseluruhan distribusi skor atau penilaian yang sedang diteliti. Dengan demikian maka central tendency merupakan penyederhanaan data untuk mempermudah peneliti membuat interpretasi dan mengambil suatu kesimpulan. Ada 3 cara untuk mengukur central tendency, yaitu : mode,median, dan rata-rata.
    Modus adalah skor yang mempunyai frekuensi terbanyak dalam sekumpulan distribusi skor. Dengan kata lain modus dianggap sebagai nilai yang menunjukkan nilai-nilai yang lain terkonsentrasi. Modus dapat dicari dalam distribusi frekuensi satuan maupun kategorikal.
    median adalah skor yang membagi distribusi frekuensi menjadi dua sama besar
    mean adalah hasil bagi dari sejumlah skor dengan banyaknya responden.
    (Sumber: http://sanglazuardi.com/statistik-dasar/tendensi-sentraltujuan-tendensi-sentral)

    Posted by belva @ 9:51 pm