• 21 Nov 2010 /  Uncategorized No Comments

    Jaringan Internet dan Jaringan Menurut Sosiologi
    Jaringan Internet adalah jaringan komputer yang bisa dikategorikan sebagai WAN, menghubungkan berjuta komputer diseluruh dunia, tanpa batas negara, dimana setiap orang yang memiliki komputer dapat bergabung ke dalam jaringan ini hanya dengan melakukan koneksi ke penyedia layanan internet (internet service provider / ISP) seperti Telkom Speedy, atau IndosatNet. Internet dapat diterjemahkan sebagai international networking (jaringan internasional), karena menghubungkan komputer secara internasional, atau sebagai internetworking (jaringan antar jaringan) karena menghubungkan berjuta jaringan diseluruh dunia.
    Jaringan menurut sosiologi adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.
    Analisis jaringan sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul. Jaringan sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam mencapai tujuannya.
    Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu. Konsep ini sering digambarkan dalam diagram jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai titik dan ikatan sebagai garis penghubungnya.
    Dari sedikit uraian diatas kita dapat lihat persamaan sekaligus perbedaan antara jaringan internet dengan jaringan menurut sosiologi. Dilihat dari persamaannya, keduanya merupakan suatu sisttem yang menghubungkan antara individu dengan individu,individu dengan kelompok, kelompok dengan kelompok lainnya. Jika dilihat dari perbedaannya, coba anda lihat di bawah ini.
    Jaringan Internet
    Jaringan sosial

    -Melalui perantara jasa penyedia layanan internet
    -Dapat kontak langsung dan juga tidak lansung

    -Hubungan Bersifat maya
    -Hubungan Bersifat nyata

    -Dapat terhubung dengan warga dunia secara cepat, efisien, dan murah
    …… -jika jaringan lebih luas maka waktu dan biaya untuk berkomunikasi lebih lama dan mahal
    ……..

    Belva Hendry lukmana
    D0310014
    Sosiologi B 2010

    Posted by belva @ 9:19 pm